TIKTAK.ID – WhatsApp diketahui telah merilis fitur pembayaran dalam aplikasinya di Singapura pada pekan lalu, setelah India dan Brasil. Di Singapura, Meta bermitra dengan Stripe guna meluncurkan fitur ini.
WhatsApp sendiri sudah membangun fitur pembayaran ini memakai Stripe Connect dan Stripe Checkout yang membuat pembayaran dalam aplikasi tersedia secara online dan offline. Dengan adanya fitur itu, pengguna WhatsApp bisa melakukan pembayaran ke sebuah bisnis menggunakan kartu kredit, kartu debit, atau sistem transfer dana PayNow Singapura.
“Pengguna Singapura kini bisa membayar bisnis lokal untuk barang dan jasa dengan lancar dan aman dalam chat WhatsApp,” ungkap Leading Commerce and FinTech di Meta, Stephane Kasriel, dalam sebuah cuitan, Selasa (9/5/23), seperti dilansir CNNIndonesia.com.
Kemudian Meta mengatakan fitur untuk menerima pembayaran lewat WhatsApp hanya tersedia untuk beberapa bisnis saat ini. Akan tetapi, mereka berencana memperluas ketersediaan fitur ini ke lebih banyak bisnis dalam beberapa bulan ke depan. Fitur ini pun memungkinkan sebuah bisnis untuk dapat mengatur fitur ini melalui WhatsApp Business, yang akan memandu mereka untuk mendapatkan akun Stripe.
Sementara itu, Country Director Meta Indonesia, Pieter Lydian mengaku WhatsApp di Indonesia sudah mengakomodasi pembayaran, namun melalui platform pihak ketiga atau third party.
“Tepat sekali di Singapura payment telah dirilis. Tapi di Indonesia kalau kita lepaskan dari hal tersebut, itu partner-partner third partynya kita, payment gateway, dan lain sebagainya, sudah bisa dikolaborasikan di dalam platformnya. Platform sourcing, namun dari third party,” terang Pieter dalam acara Meta Business Update and Business Messaging di Jakarta Selatan, Selasa (16/5/23).
Lantas Head of Industry Meta Indonesia, Aldo Rambie menjelaskan bahwa pembayaran yang dimaksud bersifat off-site. Dia menyatakan soal pembayaran on-site atau dalam aplikasi, dirinya belum bisa berkomentar.
“Yang dimaksud yaitu off-site, yang mana dari luar kami. Terkait payment ke depannya kami belum bisa komentar,” ucapnya.
Sebelumnya, WhatsApp pertama kali meluncurkan layanan pembayaran di India dengan menggunakan jaringan Unified Payment Interface (UPI) negara tersebut pada 2020 lalu, dalam mode uji coba. Setelah itu pada 2022, Perusahaan Pembayaran Nasional India mengizinkan Meta untuk memperluas layanan ke 100 juta pengguna.