Prabowo Jadi Capres Paling Banyak Diperbincangkan di Medsos Versi Indonesia Indicator
TIKTAK.ID – Berdasarkan hasil analisis terbaru Indonesia Indicator, calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto mampu menggeser calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan, menjadi yang paling banyak dibicarakan di jagat maya, setelah debat calon presiden untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang berlangsung pada Minggu (7/1/24).
Jumlah engagement atau keterlibatan akun media sosial soal unggahan Prabowo sejak 7 Januari pukul 20.00 WIB hingga 9 Januari pukul 15.30 WIB disebut-sebut mencapai 14,2 juta.
“Jika melihat pada data sampai update pagi hari ini, kita melihat bahwa pada 7 (Januari) posisinya Anies, lalu pada 8 (Januari) ada lonjakan di kubunya Prabowo. Nomor satu Prabowo, kedua Anies, dan ketiga Ganjar Pranowo,” ungkap Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang, pada Selasa (9/1/24), seperti dilansir CNN Indonesia.
Baca juga : Istana Tegaskan Jokowi Masih Berhubungan Baik dengan Megawati
Rustika menjelaskan bahwa posisi kedua ditempati Anies dengan jumlah keterlibatan pengguna pada konten akun media sebanyak 8 juta. Setelah itu Ganjar berada di posisi ketiga dengan jumlah engagement 4,3 juta.
Rustika menyebut mayoritas interaksi pengguna media sosial terkait Prabowo berasal dari TikTok.
“Apa yang membuat Prabowo engagement-nya bisa sangat tinggi? Ternyata 10 juta di antaranya berasal dari platform TikTok,” terang Rustika.
Baca juga : Anies-Puan Bersalaman dan Berbincang Usai Debat, Cikal Bakal Koalisi?
Kemudian menurut data Indonesia Indicator mulai 7 Januari pukul 20.00 WIB hingga 8 Januari pukul 12.00 WIB, Ganjar tercatat paling banyak mendapatkan sentimen positif sebesar 52,5 persen. Disusul oleh Anies 35,8 persen dan Prabowo hanya 25,61 persen.
Sedangkan untuk engagement dan jumlah postingan terkait Anies sempat ada di posisi pertama selama 2 jam saat debat berlangsung. Akan tetapi, Rustika menilai media sosial sangat dinamis.
Sekadar informasi, debat Capres ketiga yang digelar Minggu (7/1/24) memperoleh respons simpatik dari warganet. Mereka menangis ketika menonton Prabowo mendapatkan serangan dari Ganjar dan Anies. Reaksi itu pun viral dan bermunculan di media sosial.
Baca juga : Anies Baswedan: Saya Agak Terkejut Presiden Kok Komentar Soal Debat Capres
Mengutip detikcom, sejak Senin (8/1/24), beredar unggahan warganet menangis. Jika memasukkan kata kunci “Netizen Nangis Liat Pak Prabowo Debat” di TikTok, terdapat ratusan user yang mengunggah video mereka menangis. Walaupun mayoritas perempuan, ada juga laki-laki yang mengunggah video serupa.
Namun belakangan, unggahan “menangis massal” yang diamplifikasi secara massif oleh buzzer Prabowo tersebut dinilai warganet tak lebih dari upaya kubu paslon 02 untuk mengecoh opini publik tentang ketidakmampuan Prabowo dalam menghadapi Anies dan Ganjar dalam Debat Capres, sekaligus mengungkap buruknya kinerja Prabowo yang sudah hampir 5 tahun menjabat Menteri Pertahanan.
Penilaian warganet itu diperkuat laporan Drone Emprit terbaru yang menganalisa media sosial X pasca-Debat Capres 2024, yang menunjukkan bahwa video menangisi Prabowo memang memberikan sentimen positif ke Capres nomor urut 2 tersebut. Namun demikian, secara keseluruhan, Anies tetap memperoleh sentimen positif terbanyak yakni 71%. Lalu disusul Ganjar 69% dan Prabowo 31%.
Baca juga : Beda dengan Jokowi, Ma’ruf Amin Sebut Debat Capres Sekarang ‘Lebih Hidup dan Lebih Menarik Dibanding Dulu’
Sementara itu, sentimen negatif terbanyak justru diperoleh Prabowo sebesar 64%, disusul Anies 23% dan Ganjar 17%.