TIKTAK.ID – Saat ini berbagai minuman seperti Chesetea, Thaitea dan juga Boba menjadi minuman yang sedang trend dan dikonsumsi oleh banyak orang. Lalu bagaimana dengan nasib minuman tradisional Indonesia di tahun 2020?
Salah satu juri Masterchef Indonesia, Arnold Poernomo mempunyai prediksi tersendiri tentang hal ini. Dia mengatakan bahwa hidangan khas dari Indonesia akan menjadi trend dengan cara diolah dengan nuansa kekinian dan modern. Terutama minuman tradisional dan juga camilan yang dikemas dengan menarik akan banyak bermunculan.
“Yang pasti dessert. Nasi sudah, kopi sudah, mie sudah. Tinggal minuman dan jajanan khas Indonesia saja,” ujar Chef Arnold yang ditemui di kawasan Kemang Jakarta Selatan Senin (16/12)19) dalam peluncuran Oreo Cookie Crumb.
Baca juga: 5 Minuman Pereda Sakit Akibat Radang Sendi
Jajanan dan juga minuman khas Indonesia akan dikembangkaan dalam versi yang lebih inovatif lagi. Sehingga lebih menarik dan dapat dinikmati banyak orang serta dapat mengalahkan jajanan dan minuman trend luar negeri.
Selain itu, Chef Arnold juga berkomentar tentang beberapa pebisnis kuliner yang hanya ikut-ikutan saja.
Kemudian ia juga mencontohkan beberapa tren kuliner yang hanya bisa bertahan sementara saja dan bahkan hilang digilas oleh tren yang lain.
“Jika kita ngomong tentang gerai milik saya (Mangkokku), tidak membuat makanan yang hype. Kita membuat makanan yang dapat dinikmati setiap hari. Itu yang ditonjolkan, itu yang menjadi identitas. Makanan hype itu tidak berkelanjutan. Namanya saja hype, tren akan cepat turun,” prediksi Arnold.
Baca juga: Benarkah Minum Jeruk Nipis Bisa Bikin Wanita Lebih Cepat Hamil?
Bahkan ia meminta agar masyarakat yang ingin terjun ke dunia kuliner memperhatikan beberapa hal yang penting. Salah satunya adalah kualitas dan bahannya juga. Menurutnya, originalitas juga menjadi kunci dari bisnis kuliner.
“Bagaimana produk tersebut menjadi lebih baik, jika produknya hanya mengcopy dan tidak ada identitasnya sama sekali. Kalau sudah menggunakan bahan original dan sudah mempunyai identitas, sudah jelas nanti menjual dan mempromosikannya bisa dengan pede,” jelas Chef Arnold.
Sementara itu, Chef Arnold sendiri mempunyai sejumlah bisnis kuliner. Bisnis tersebut diketahui dipegang oleh keluarga dan juga kolaborasi, seperti Restoran Koi Dessert Bar dan Dinning di Australia, lalu ada juga Mangkokku, dan Restoran Laci di Bali.
Baca juga: Cara Tepat Ibu Menyusui Bisa Lancarkan Produksi ASI