
TIKTAK.ID – Layanan media sosial Instagram resmi merilis fitur barunya, yakni Instagram Shopping. Fitur tersebut sudah bisa dicoba untuk pengguna mereka di Indonesia, Selasa, (6/10/20).
Fitur Instagram Shopping juga tersedia di IGTV. Fitur tersebut akan memberikan pilihan lebih banyak bagi para pebisnis dan kreator dalam menciptakan konten yang menarik untuk menjual produk-produk mereka.
“Instagram dapat menjadi wadah penggerak bagi pebisnis dalam memasarkan produk dan mendorong penjualan. Terutama di tengah masa pandemi virus Corona (Covid-19) seperti sekarang ini,” ujar Country Director Facebook di Indonesia, Pieter Lydian dalam keterangan resmi, seperti dilansir CNN Indonesia, Selasa (6/10/20).
Perlu diketahui, untuk menggunakan fitur Shopping, hal pertama yang mesti dilakukan para pelaku bisnis yaitu membuat Toko melalui Commerce Manager. Jika sudah dibuat, maka selanjutnya pelaku bisnis dapat mengajukan permohonan untuk mengaktifkan fitur Instagram Shopping dengan cara:
1. Membuka pengaturan profil dengan menekan ikon tiga baris yang terdapat di laman profil Instagram. Lalu pilih Pengaturan.
2. Pilih Bisnis, kemudian klik Siapkan Instagram Shopping.
3. Selanjutnya ikuti langkah yang tertera dan ajukan peninjauan untuk akun.
Namun, demi menjaga keamanan pengguna di platform Instagram, maka seluruh proses peninjauan untuk permohonan fitur Shopping dilakukan oleh manusia (human reviewer) untuk meminimalisir kesalahan. Untuk itu, biasanya proses peninjauan ini memerlukan waktu beberapa hari, bahkan terkadang dapat memerlukan waktu yang lebih lama.
4. Supaya bisa melihat status peninjauan akun bisnis, kunjungi Belanja di Pengaturan.
Jika permohonan tersebut sudah disetujui, pelaku bisnis bisa mengaktifkan fitur Shopping dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Membuka pengaturan profil dengan menekan ikon tiga baris yang terdapat di laman profil Instagram Anda, lalu pilih Pengaturan.
2. Kemudian pilih Bisnis dan klik Shopping. Jika pelaku bisnis tidak dapat menemukan pilihan Shopping pada menu Bisnis di Pengaturan, maka besar kemungkinan akun itu masih sedang dalam proses peninjauan atau permohonan untuk mendapatkan Instagram Shopping ditolak.
3. Setelah itu, tekan Selesai dan pelaku bisnis dapat langsung menggunakan tag Shopping dalam postingan-postingan mereka.