TIKTAK.ID – Sirkuit Mandalika di pulau Lombok, NTB, menjadi salah satu tuan rumah seri MotoGP 2022 pada 18-20 Maret. Sirkuit Mandalika pun menggelar tes resmi MotoGP pada 11-13 Februari.
Mantan pembalap MotoGP dan World Superbike (WSBK), Simon Crafar memaparkan sejumlah keunggulan Sirkuit Mandalika.
Seperti dilansir CNN Indonesia, berikut ini keunggulan Sirkuit Mandalika menurut Crafar:
- Hanya Ada Dua Titik Pengereman Keras
Sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 km tersebut, dengan 17 tikungan yang terdiri dari 11 ke kanan dan enam sisanya mengarah ke kiri. Simon menilai hal itu menjadi daya tarik pertama bagi siapa pun yang menjajal karakter lintasan tersebut. - Tipe Lintasan yang Menyenangkan Pembalap
Pembalap yang aktif mengaspal medio 1990-an ini mengatakan Sirkuit Mandalika adalah tipe lintasan yang menyenangkan bagi pembalap. Dia menjelaskan, para pengendara tak perlu memacu tenaga sepeda motor terlalu tinggi untuk mencapai kecepatan yang diinginkan.
“Ini merupakan sirkuit yang sangat mengalir, bukan tergantung pada horsepower. Walaupun horsepower tentu sangat membantu,” ucapnya.
- Menantang Pembalap Sampai Lima Kali dalam Satu Lap
Menurut Simon, Sirkuit Mandalika akan menantang nyali pembalap hingga lima kali dalam satu lap. Dia pun menyebut hal itu bakal menarik untuk gelaran lomba.
“Sirkuit ini punya empat hingga lima titik yang memerlukan keberanian besar, sangat cepat dengan tikungan yang muncul di awal,” tutur Simon.
- Sudut Kemiringan Tinggi Menguji Kemampuan Pembalap
Simon menyatakan Sirkuit Mandalika memiliki beberapa tikungan di trek dengan sudut kemiringan tinggi. Dia menganggap hal itu berpotensi insiden. Meski begitu, kata Simon, kemampuan pembalap dapat teruji.
“Terdapat tikungan yang memaksa pengendara untuk mengerem keras pada sudut kemiringan yang besar atau menarik gas dengan kencang pada sudut kemiringan yang juga tinggi,” terangnya.
- Keamanan Sirkuit Terjamin
Simon menjelaskan, walau terdengar menantang, tapi aspek keamanan Sirkuit Mandalika sangat terjaga. Dia menduga hal itu berkat kehadiran gravel yang lebar dan kerikil di sisi lintasan.
“Sirkuit dilengkapi run-off yang besar dengan jebakan kerikil. Hal itu adalah sinyal positif!” serunya.