TIKTAK.ID – Setelah setahun Clubhouse diluncurkan, akhirnya kini keluar dari fase beta. Saat ini, siapa saja yang ingin memiliki akun Clubhouse dapat mendaftar tanpa perlu undangan dan tidak lagi masuk ke dalam daftar tunggu atau wait list.
Untuk merayakan hal itu, maka mereka mengenalkan logo baru yang mirip seperti emoji melambaikan tangan. Aplikasi audio chat tersebut pun mengenalkan ikon komunitas mereka yaitu Justin “Meezy” Williams, seorang pebisnis di dunia hiburan Amerika.
“Sistem ‘undangan’ atau invite sudah menjadi bagian penting dari sejarah awal Clubhouse,” tulis Clubhouse melalui keterangan resminya, seperti dilansir detikINET, Kamis (22/7/21).
“Hingga kini, Clubhouse terus mengembangkan aplikasi ini dengan memungkinkan para pengguna untuk menambahkan orang baru dalam komunitas Clubhouse, menyambut orang baru setiap minggu di room ‘Wednesday Orientations’, serta berbicara dengan komunitas setiap hari Minggu di room ‘townhall’,” lanjut mereka.
Seperti diketahui, popularitas Clubhouse sempat meroket di awal tahun 2021, meski saat itu aplikasi ini hanya tersedia di iOS. Clubhouse mengklaim telah menggaet sebanyak 10 juta pengguna baru usai meluncurkan aplikasi untuk Android pada Mei 2021.
Menurut data Sensor Tower, Clubhouse mencapai puncak popularitasnya pada Februari 2021 silam, dengan total download mencapai 9,6 juta. Kemudian pada Juni, Clubhouse diinstal 7,7 juta kali di Android dan iOS.
Jumlah rooms yang menjadi tempat diskusi juga ikut berkembang, dari 50.000 menjadi 500.000 setiap harinya. Clubhouse menyebut rata-rata pendengar diskusi menghabiskan satu jam setiap hari saat menggunakan aplikasi itu.
Lebih lanjut, dibukanya Clubhouse untuk publik diumumkan hanya seminggu usai mereka mengenalkan fitur messaging bernama Backchannel. Fitur tersebut digunakan untuk mengirim 90 juta direct messages dalam waktu seminggu setelah diluncurkan.
Meski begitu, Clubhouse akan menghadapi persaingan yang lebih ketat. Pasalnya, ketika mereka masih membangun aplikasinya untuk Android, produk diskusi audio online langsung ramai bermunculan, seperti Twitter Spaces, yang langsung tersedia bagi semua pengguna.
Agar mampu bersaing dengan platform lain dan terus menyegarkan aplikasinya, maka Clubhouse berencana akan mengeluarkan update besar setiap satu atau dua minggu.