
TIKTAK.ID – Pandemi virus Corona (Covid-19) telah berlangsung selama lebih dari satu tahun, termasuk di Indonesia.
Sejak pandemi berlangsung, sebagian besar warga di dunia pun membatasi kegiatan di luar, termasuk menerapkan sistem bekerja dan belajar dari rumah secara online.
Hal itu lantas membuat teknologi memainkan peranan penting untuk memfasilitasi aktivitas-aktivitas tersebut. Sejumlah aplikasi pembelajaran hingga media sosial juga menjadi makin populer di masa pandemi.
Berdasarkan sebuah riset yang dilakukan oleh Kaspersky Safe Kids, pandemi turut memengaruhi minat anak-anak di dunia, khususnya dalam hal mengonsumsi aplikasi. Riset tersebut dimulai pada Mei 2020 hingga April 2021.
Kaspersky Safe Kids melaporkan bahwa aplikasi TikTok, YouTube, dan WhatsApp menjadi tiga aplikasi paling populer yang digunakan oleh anak-anak di seluruh dunia. Mereka bahkan mengklaim TikTok sudah berhasil menyalip popularitas Instagram hingga dua kali lipat.
“Kami melihat bagaimana TikTok menjadi salah satu trendsetter, terutama di kalangan anak-anak dalam waktu singkat dan terus menarik perhatian mereka,” ujar pakar analisis konten web di Kaspersky, Anna Larkina, seperti dilansir KompasTekno, Minggu (6/6/21).
Kemudian pada aplikasi YouTube, konten seputar game, unggahan blogger, musik, serial TV, hingga video trending adalah topik yang paling sering dicari oleh anak-anak selama pandemi. Persentasenya masing-masing yakni 34,71 persen, 18,16 persen, 17,35 persen, 7,52 persen, dan 4,43 persen.
Sementara sejumlah aplikasi lain yang masuk dalam daftar 10 besar, di antaranya game Minecraft (22,84 persen), Fortnite (6,73 persen), Brawl Stars (6,34 persen), Roblox (3,82 persen), dan Among US (3,80 persen).
Lebih lanjut, di Indonesia sendiri, aplikasi yang paling populer di kalangan anak-anak yaitu YouTube (32,99 persen), WhatsApp (21,47 persen), dan TikTok (10,18 persen). Sedangkan dari sisi ketertarikan terhadap game, Roblox berhasil menempati urutan teratas di kalangan anak-anak Indonesia dengan persentase 8,27 persen. Setelah itu pada posisi kedua diisi oleh game battle royale, Free Fire dengan persentase 5,75 persen. Selanjutnya di urutan ketiga, terdapat Mobile Legends: Bang Bang (2,91 persen).