TIKTAK.ID – Kehidupan komika alias stand-up comedian di Indonesia disebut-sebut akan semakin terbantu dengan adanya hashtag terbaru Instagram, #TawaDiReels, yang diluncurkan pada Selasa (16/8/22).
Direktur Program Hiburan untuk Meta di Indonesia, Revie Sylviana mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu basis pengguna Instagram dan Reels terbanyak di Asia Tenggara.
“Indonesia termasuk salah satu negara di Asia Tenggara dengan pertumbuhan Reels tercepat. Berkat basis pengguna yang luas dan kemudahan untuk menemukan konten dari berbagai kategori, fitur ini mendorong pertumbuhan ekosistem kreator dan memunculkan bakat-bakat baru dari seluruh Indonesia,” ungkap Revie melalui acara peluncuran #TawaDiReels di Jakarta Selatan, pada Selasa (16/8/22), seperti dilansir CNNIndonesia.com.
“Peluncuran kampanye #TawaDiReels merupakan bentuk dukungan Meta bagi para komika di Indonesia dalam mengembangkan basis penggemar dan memperluas eksistensi mereka di ranah digital,” sambungnya.
Untuk diketahui, komika adalah orang yang melawak atau berkomedi secara tunggal. Revie mengklaim dalam beberapa tahun terakhir, industri stand-up comedy di media sosial, seperti Instagram, menjadi sebuah wadah bagi kreator komedi.
“Bukan sekadar hobi, melainkan juga sebagai karier,” kata Revie.
Komika yang terpilih sebagai Wajah #TawaDiReels, Babe Cabita, menilai media sosial seperti Instagram bisa menjadi wadah untuk para kreator komedi untuk berkarya dan akhirnya membuka peluang kerja sama juga bisnis.
“Media sosial, seperti Instagram, menjadi sebuah wadah bagi kreator komedi seperti saya untuk berekspresi dan berkreasi,” jelas Babe Cabita dalam kesempatan yang sama.
“Kampanye #TawaDiReels ini menjadi inisiatif yang pas untuk mengajak para kreator supaya menginspirasi satu sama lain, memproduksi konten positif, memunculkan bakat komika baru, serta memperoleh peluang kerja sama dengan berbagai brand,” imbuhnya.
Lebih lanjut, Revie menjelaskan, kampanye #TawaDiReels berupaya membantu komika Indonesia dalam meraih sukses baik di dalam maupun luar negeri, serta mengubah passion dan kreativitas menjadi sumber pencaharian.
Dengan begitu, lanjut Revie, program dan kolaborasi ini bisa terus mendiversifikasi ekosistem kreator di Indonesia serta mengangkat kreator-kreator lokal berkualitas dari seluruh Indonesia.
Revie memaparkan, Reels menjadi ruang untuk kampanye ini lantaran mampu menjangkau audiens yang sangat luas. Dia mengaku kreator tidak hanya berpotensi dilihat oleh pengikutnya, namun juga seluruh pengguna Instagram, termasuk pengguna Facebook.