TIKTAK.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui mengajak seluruh instansi Pemerintah untuk menekan perilaku koruptif dalam pelayanan publik. Jokowi mengaku ingin pelayanan publik terus ditingkatkan, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik.
Jokowi mengatakan kini sudah saatnya Indonesia menghadirkan pelayanan publik kelas dunia. Dia pun menginginkan agar standar pelayanan publik yang baik dilakukan oleh instansi di seluruh daerah.
“Kita kembangkan inovasi digital yang inklusif. Kita terapkan digitalisasi untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, produktivitas, dan akuntabilitas. Kita tekan, minimalkan penyimpangan dan perilaku koruptif, di semua lini, di semua lembaga,” ujar Jokowi dalam Penganugerahan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 secara daring, Rabu (29/12/21), seperti dilansir CNN Indonesia.
Baca juga : PKS Sentil Kemendagri Usai Viral Berkas Susi Pudjiastuti Jadi Bungkus Gorengan
Jokowi menjelaskan, guna mencapai hal itu, maka pelayan publik tidak boleh bekerja biasa-biasa saja. Mantan Wali Kota Solo ini menyatakan perlu terdapat perubahan pola pikir, cara kerja, dan kecepatan merespons aduan masyarakat.
Kemudian Jokowi menilai pelayanan publik harus berorientasi kepada hasil, bukan proses. Dia menganggap hal itu sudah menjadi syarat pelayanan publik yang prima dan memenuhi kebutuhan masyarakat.
“Pelayanan publik yang prima tidak terjadi begitu saja, melainkan perlu adanya komitmen, memerlukan upaya bersama, sinergitas antarlembaga, memerlukan ikhtiar berkelanjutan, disiplin yang panjang, transformasi sistem, transformasi tata kelola, perubahan pola pikir, serta perubahan budaya kerja,” tutur Jokowi.
Baca juga : Bahar Smith Laporkan Balik Pihak yang Polisikan Dirinya
Oleh sebab itu, Jokowi juga mendesak Ombudsman RI supaya terus melakukan pengawasan terhadap pelayanan publik. Sebab, kata Jokowi, Ombudsman mampu mendorong berbagai instansi untuk melakukan perbaikan di sektor layanan publik.
Lebih lanjut, Jokowi mengapresiasi Ombudsman lantaran telah menjadi lembaga pelayanan publik yang memperoleh penghargaan predikat kepatuhan tinggi standar pelayanan publik pada 2021. Jokowi meminta supaya penghargaan itu bisa menjadi motivasi bagi lembaga pelayanan publik untuk meningkatkan inovasi pelayanan publik.
“Saya sampaikan selamat kepada peraih predikat kepatuhan standar pelayanan publik. Jadikan penghargaan ini sebagai inspirasi untuk melahirkan inovasi pelayanan publik, serta berlomba-lomba meningkatkan kualitas pelayanan dan menjadi lebih profesional,” jelas Jokowi.