TIKTAK.ID – Pada pekan lalu, ada banyak pengguna dari berbagai negara, termasuk Indonesia, mengeluhkan jika aplikasi mereka seperti Facebook, Instagram, WhatsApp tidak dapat diakses selama beberapa jam. Menindaklanjuti hal itu, Instagram kini telah mengumumkan bahwa mereka sedang mulai menguji fitur baru yang akan memberitahukan pengguna bila layanannya mengalami gangguan atau down.
Fitur baru tersebut nantinya akan muncul di bagian atas Activity Feed. Dengan adanya fitur ini, pengguna akan mendapat peringatan ketika terjadi gangguan dan informasi saat gangguan itu sudah berhasil teratasi.
Seperti dilansir detik.com, fitur ini dibuat Instagram usai melakukan diskusi dengan komunitas maupun penelitian ekstensif. Perusahaan menyatakan bahwa gangguan Instagram membuat para pengguna frustrasi. Oleh sebab itu, mereka ingin agar pengguna bisa mengetahui apa yang sedang terjadi langsung dari pihak Instagram.
Kemudian Instagram mengatakan aplikasi tidak akan mengirimkan notifikasi setiap kali terjadi gangguan. Akan tetapi, bila banyak pengguna yang bingung dan memerlukan jawaban, maka Instagram akan mengirimkan pemberitahuan itu.
“Kami tengah menguji fitur baru yang akan memberitahu Anda di Activity Feed saat Instagram mengalami gangguan atau masalah teknis, maupun jika sudah teratasi,” ungkap Instagram, mengutip iMore, Rabu (13/10/21).
Pengujian fitur itu dikabarkan bakal dilakukan di Amerika Serikat selama beberapa bulan ke depan. Akan tetapi, masih belum ada kejelasan apakah fitur ini akan dirilis pada pasar yang lebih luas. Instagram hanya menyatakan mungkin akan meluncurkan fitur lebih luas bila memang dirasa membantu.
Dengan hadirnya fitur ini, diharapkan dapat memberikan informasi yang jelas kepada pengguna terkait alasan layanan Instagram mengalami gangguan atau down.
Fitur pemberitahuan saat gangguan itu tampaknya masuk akal, mengingat kekacauan yang disebabkan saat layanan mereka mengalami masalah. Sebelumnya, ketika Facebook, Messenger, WhatsApp, dan Instagram mengalami gangguan, pengguna sering bertanya-tanya apakah ada yang salah dengan koneksi, internet, atau akun mereka.
Untuk itu, sedikit pemberitahuan yang memberi tahu pengguna, “jangan khawatir, ini bukan (kesalahan) Anda, ini kami,” mungkin dapat menghilangkan banyak kebingungan di masa mendatang.